HIMPUNAN MAHASISWA GEOGRAFI .quickedit { display:none; }
Diberdayakan oleh Blogger.
SELAMAT DATANG DI BLOG HIMPUNAN MAHASISWA GEOGRAFI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Rabu, 13 April 2011

JANTUNGNYA ALQURAN

Telah kita ketahui bahwa segala sesuatu yang hidup di dunia ini pasti memiliki pusat kehidupannya, yaitu jantungnya. Pertanyaannya, apakah jantungnya Al Qur’an??? Jawabannya adalah
Sabda Rasulullah SAW : “Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada jantungnya, dan jantung Al Qur’an adalah Surat Yaasiin. Siapa yang membaca Surat Yaasiin, Allah menetapkan baginya seperti membaca Al Qur’an 10 kali.”
Jantungnya Al Qur’an ini merupakan salah satu surat dalam Al Qur’an yang ke 36, terdiri atas 83 ayat, dan termasuk Surat Makkiyyah. Ada beberapa hal yang diungkapkan dalam Surat Yaasiin ini, namun pada dasarnya Surat ini merupakan pernyataan Allah SWT bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Rasul pembawa Al Qur’an dan bagaimana keadaan orang-orang mukmin di hari Kiamat.
BAS0135.JPGBanyak sekali faedah dari mengamalkan Surat Yaasiin ini. Berikut beberapa fadhilah/keistimewaan/keutamaan Surat Yaasiin: 
  • Sabda Rasulullah SAW : “Barang siapa yang menjadikan Surat Yaasiin permulaan keperluannya (hajatnya) maka keperluannya akan dikabulkan.” Penjelasan selanjutnya dinukil dari kitab Sa’adatud Darain, bila Surat Yaasiin diamalkan dengan cara sebagai berikut : Sesudah Shalat Shubuh, baca Yaasiin 7 kali, bila sampai pada ayat ke 38 bacalah 14 kali, kemudian bila sampai pada ayat ke 58 bacalah sebanyak 7 kali, dan bila sampai pada  ayat ke 81 bacalah sebanyak 12 kali. Setelah selesai, bacalah basmalah dan Surat Al Fatihah. Lalu berdo’alah kepada Allah, memohon, insya Allah dikabulkan-Nya.
  • Sabda Rasulullah SAW : “Barang siapa yang membaca Surat Yaasiin pada malam Jum’at, maka paginya ia memperoleh keampunan dosa-dosanya dari Allah SWT.”
  • Sabda Rasulullah SAW : “Bacakanlah untuk orang yang akan mati Surat Yaasiin, faedahnya dapat mempermudah dan mempercepat keluarnya roh.”
  •  Sabda Rasulullah SAW : “Bahwasannya didalam Al Qur’an itu ada satu surat yang dapat memberi syafaat kepada pembacanya dan memperoleh keampunan bagi pendengarnya, ketahuilah bahwa Surat Yaasiin yang dalam Taurat dinamakan Al Mu’ammah itu ? Beliau menjelaskan yang menjadi penyebab bagi orang yang membaca dan mendengar, mendapatkan kebaikan didunia dan menghilangkan ketakutan di akhirat. Dan Surat Yaasiin itu juga disebut Ad Dafi’ah dan Al Qadiyah.” Ditanyakan, Ya Rasulullah, apakah maksudnya ? Jawab Beliau : “Karena dapat menolak kejahatan dan dikabulkan segala hajatnya bagi orang yang membacanya.”  

Berdasarkan uraian singkat diatas dapat kita ketahui bahwa Surat Yaasiin yang merupakan jantungnya Al Qur’an ini memiliki banyak fadhilah/keistimewaan/keutamaan. Semoga kita termasuk orang-orang beriman yang beruntung mendapatkan fadhilah dari Surat Yaasiin ini, tentunya dengan senantiasa membaca, memahami, dan mengamalkan intisari dari Surat Yaasiin ini. Amiin…
Jazakallaahu khairan katsiran………

Kerohanian Geografi

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kerenn...

Anonim mengatakan...

Allah huakbar.......

Posting Komentar